Pentingkah SOP bagi Perusahaan?

Peran Standar Operasional Prosedur dalam sebuah perusahaan terbilang sangat penting, khususnya untuk membantu proses perkembangan dan kemajuan perusahaan itu sendiri.

Bayangkan jika sebuah perusahaan tidak memiliki aturan. Pastinya semua kegiatan operasional perusahaan menjadi tidak terarah, arus kerja menjadi berantakan, dan kinerja para pegawai pun tidak maksimal. Dengan adanya SOP, diharapkan kualitas pekerjaan akan semakin membaik. Sebenarnya, apa sih fungsi SOP bagi sebuah perusahaan?

Fungsi Standar Operasional Prosedur

Adapun fungsi Standar Operasional Prosedur bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pedoman dan landasan hukum

SOP dapat berfungsi sebagai pedoman untuk mengantisipasi berbagai macam situasi tak terduga yang akan dihadapi oleh perusahaan, sekaligus acuan untuk melaksanakan pekerjaan. Selain itu, SOP juga dapat digunakan sebagai landasan hukum apabila terjadi penyimpangan dalam perusahaan.

  • Memudahkan pekerjaan

Tidak bisa dipungkiri, SOP sangat membantu kegiatan operasional perusahaan dan mempermudah pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dengan SOP, seluruh aktivitas perusahaan menjadi teratur dan tertib. Para pegawai tahu apa tugasnya, apa yang tidak boleh dilakukannya, dan apa yang harus dilakukannya.

  • Membantu mendisiplinkan seluruh jajaran perusahaan

SOP membantu membawa seluruh jajaran perusahaan ke arah yang positif untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam bekerja. Misalnya, pegawai tidak boleh datang terlambat ke kantor atau keluar jam kantor tidak pada waktunya, karena peraturan mengenai itu sudah tercantum dalam SOP. Bagi yang melanggar, biasanya akan dikenakan sanksi sesuai kebijakan masing-masing perusahaan.

  • Mendeteksi hambatan-hambatan yang sedang atau akan dialami pegawai

Dengan adanya SOP, perusahaan dapat mengantisipasi hal tak terduga dalam menjalankan perusahaan, termasuk hambatan yang sedang atau akan dialami pegawai. Jika hambatan sudah diketahui, maka perusahaan dapat mencari jalan keluar untuk memecahkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *