Menjadi Manusia 4 Kuadran?

Konsultan Pensiun, Pensiun Preneur

Sebelum Pensiun baik karena keinginan sendiri atau karena keputusan perusahaan, biasanya seorang karyawan akan mencari referensi.

Apa yang disebut manusia 4 kuadran? Silakan simak ini sebelum Anda memutuskan pensiun.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Kuadran Pekerjaan  menurut Robert T Kiyosaki ada 4 yaitu :

  • employee  yaitu orang yang bekerja kantoran yang diupah oleh suatu perusahaan
  • self employee adalah pekerjaan yang merupakan profesi atau keahlian yang biasanya dipelajari melalui jenjang pendidikan dan bisa juga yang timbul karena bakat. Contoh : dokter,  penulis, penyanyi, musisi, artis dan lain sebagainya yang memerlukan skil atau keahlian khusus dan membutuhkan waktu panjang untuk belajar.
  • business adalah orang yang menciptakan lapagan pekerjaan untuk dirinya dan orang lain. Pekerjaan ini disebut bisnis atau wirausaha.
  • investor adalah orang yang memiliki pendapatan tanpa dia harus bekerja (passive income), orang tersebut hanya memberikan kekayaannya sebagai modal untuk ditanamkan pada suatu usaha sehingga usaha itu menghasilkan.

Ada teman saya sesama anggota komunitas Akademi Trainer yang sukses menjalani ke-empat kuadran itu. Namanya Tri Sumono. Maka ia terkenal dengan sebutan manusia 4 kuadran. Dia berhasil menjadi pemilik bisnis, mengelola bisnis, berinvestasi dan tetap menjalani pekerjaan sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Dan keempatnya ia jalankan dengan baik. Mau ikut? Silakan!

Namun ketahuilah, bahwa untuk menjadi besar kita harus memiliki fokus pada tujuan utama kita. Orang-orang yang meraih pencapain luar biasa hanya menekankan tujuan utama sebagai fokus ikhtiar mereka.

  • Thomas A Edison mencurahkan segenap tenaganya untuk penemuan ilmiah.
  • Graham Bell unggul diriset dalam pengembangan telekomunikasi moderen.
  • Jefferson, Washington, Lincoln, Pangeran Diponegoro, Bung Tomo, Sukarno mengabdikan bagian hidupnya yang terbaik dan kekayaannya untuk perjuangan kemerdekaan negaranya dan seluruh manusia.
  • Imam Syafii, Imam Malik, Imam Hanafi fokus pada ilmu fiqih
  • Imam Bukhari fokus pada ilmu Hadits

Mereka berhasil karena memiliki tujuan yang pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *