KARYA TULIS

Konsultan Pensiun – Sebagai seorang yang berkecimpung di dalam dunia persiapan pensiun, Jumadi Subur telah menghasilkan banyak karya tulis, baik berupa buku yang diterbitkan maupun berupa electronic-book (ebook).

Buku-buku yang telah ditulis Jumadi Subur, Pakar Pensiun.

1. Buku Resign by Design

Konsultan Pensiun – Buku ini memang disiapkan untuk para exiter, karyawan yang berencana melalukan resign, atau pensiun sebelum masa purna kerjanya sampai.

Berikut adalah 7 rahasia sukses muda yang ditawarkan oleh penulis dalam buku ini.

1. Empat Kesalahan Fatal Karyawan Resign

– ikut-ikutan
– alasan yang kurang tepat
– tidak punya rencana (design hidup)
– tidak memiliki rencana finansial

2. Money Life Quadrant: Dalam hal keuangan, kita termasuk kategori yang mana?

Setiap orang mendambakan situasi keuangan yang memungkinkan untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan namun tetap memiliki waktu luang untuk menjalankan aktivitas sosial.

3.Design Your Life: Rancang kesuksesan masa depan Anda sendiri
salah satunya adalah merencanakan berapa uang ayang kita ingin miliki untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita, sebelum memutuskan untuk pensiun. Semua rencana atau design ini haruslah dibuat secara tertulis.

4.Ciptakan Income Matrix sebelum memutuskan pensiun
Sumber kekayaan ini bisa dibagi menjadi lima yaitu – passive income, massive income, active income, other income dan sedekah.

5.Money Management: Manjemen finansial yang simple dan efektif
Money managemetn mempunyai irama yang harus kita pahami: Irama kewajiban-hak, irama kebutuhan-keinginan dan irama meabung-menuai. alokasi keuangan dapat dilakukan dengan membaginya kedalam 6 kantong kebutuhan: 1.10% barang atau sesuatu yang kita impikan; 2.10% untuk investasi pada ilmu, pengetahuan dan ketrampilan; 3.maksimum 55% untuk memenuhi kebutuhan hidup kita; 4.10% untuk membeli ksesnangan atau hobi; 5.minimal 5% untuk charity atau sedekah 6.sisanya untuk kebutuhan emergency.

6. Bukan hanya tentang laba dan kaya, tapi juga tentang surga dan neraka
Bisnislah sesuai syariah yang telah diajarkan oleh islam, karena bisnis adalah jalan menuju surga.

7. Agar percaya diri di Masa Purna Bakti
jangan di hambat masalah usia, tetaplah semangat untuk menjalani hidup ini. BAgaiman menyuntikkan spirit ini kedalam diri sendiri bahkan sampai mempengaruhi organisasi? Berikut sebagian caranya:
– ingat umur
– hati-hatilah dengan “menerima apa adanya”
– pandanglah ke depan
– bertanyalah “bagaimana caranya”
– kembangkan mindset “memulai”
– cintai teknologi

2. Buku 10 Jurus Terlarang – ditulis bersama Ippho Santosa

Dalam buku ini, dibeberkan 10 jurus dahsyat berbisnis dengan otak kanan yang dapat memotivasi para pembaca. Mulai dari jurus pertama (mulailah dengan yang kanan)  penulis membuktikan kebenaran pemikiran orang lateral tentang too bad can be good (terlalu buruk bisa menjadi baik). Hingga sampai jurus ke sepuluh ( matilah dengan tenang). Compassion, sifat rendah hati, enggan menyakiti, rela mengalah, charity, menyumbang, conscience, bisnis dan agama tidak bisa dipisahkan, cautiousness, itu do the right things, and do the things right.

Dan ada 8 jurus lain yang sangat penting Anda jalankan ketika menjalankan bisnis. Saat Anda pensiun dan menekuni bisnis, maka buku ini penting untuk dibaca.

3. Muslim Super Hebat

Buku ini berisi materi yang sangat dibutuhkan oleh para pembaca muslim, yang menguraikan tentang bagaimana menjadi muslim super hebat; bahagia, sejahtera, kaya harta dan kaya hati. Adapun pembahasan mengenai beberapa pertanyaan, seperti, Kapankah kerja menjadi pembuka pintu surga? Kapan bernilai sia-sia? Bagaimana mengatasi jenuh dan bosan, bahkan mengubahnya jadi kebaikan?

Para calon pensiunan, terutama Anda yang bergama Islam, dengan membaca buku ini Anda akan mendapatkan panduan kehidupan yang lebih gamblang tentang masa depan seperti apa yang Anda inginkan dan peran seperti apa yang dapat Anda rancang untuk masa depan Anda.

4. Buku 99 Ideas for Happy Life

Keep it simple, begitu kata orang bijak. Itu hanya satu cara menuju bahagia yang terdapat dalam buku 99 Ideas for Happy Life karya Jumadi Subur. Buku yang diterbitkan ZIP Books menawarkan 98 cara yang bisa menumbuhkan ide bagi Anda dalam mencapai kebahagiaan dalam hidup.Jumadi Subur yang berprofesi sebagai customer service manager sebuah perusahaan telekomunikasi dan motivator ini menyampaikan ide-ide mencapai kebahagiaan dengan cara sederhana.

Selain berisi ide sederhana dalam menghadapi masalah, dalam buku ini disampaikan kisah-kisah yang bisa menjadi motivasi, menggugah semangat, berpikir positif, dan mengambil hikmah dari setiap kegagalan atau musibah.Ada yang berdasarkan pengalaman pribadi penulis, ada juga kisah dari beberapa tokoh dunia. Beberapa tulisan mengambil beberapa kisah yang populer dan sudah banyak diketahui, seperti kisah para Nabi, perjuangan tokoh Islam Mesir Hasan al-Banna, sampai legenda dunia seperti Bruce Lee dan Hitler.

Namun, semua disampaikan dengan cara yang berbeda sehingga mengingatkan kembali nilai-nilai positif yang bisa dijadikan pelajaran berharga. Penulis menyampaikan dengan cara sederhana sehingga mudah dipahami. Walaupun ada 99 kisah yang terangkum dalam 254 halaman, semua mudah dibaca dengan cepat dan renyah.

Buku-buku Lainnya…

Spirituality of Marketing
Employee Revolution
Siapa Bilang Saya Tidak Ingin Kaya?
Sukses Tanpa Majikan
Leadership and The Monkey Business
Be Positive Be Productive

Ebook yang Ditulis oleh Jumadi Subur